Ads 468x60px

Kamis, 08 Desember 2011

Hidup Baru Untuk Jadi Berkat

Efesus 2:8 – 10 , Kebenaran di Efesus  ini berbicara , Hidup baru dalam KRISTUS adalah , “ Untuk melakukan pekerjaan yang baik “ Prosesnya lewat 3 tahap yaitu ;
1.   Anugrah Keselamatan diterima manusia dengan iman “ Kasih karunia “  , bukan tergantung pekerjaan manusia dan upaya dengan kekuatannya , tetapi semata-mata karena anugrahNya yang bekerja dari ; Awal manusia mempercayakan hidupnya dalam tangan Tuhan sampai akhir masuk dalam kehidupan kekal ;

•   Filipi 1 : 6 , “ Akan hal ini aku yakin sepenuhnya , yaitu IA yang memulai pekerjaan yang baik diantara kamu , akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari KRISTUS YESUS . ”
•   2 Timotius 4 : 18 , “ Dan Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat . DIA akan menyelamatkan aku , sehingga aku masuk kedalam KerajaanNya di sorga . BagiNyalah kemuliaan sampai selama-lamanya .”
Jadi Keselamatan diterima manusia karena Kasih karuniaNya dari awal sampai akhir ,  bukan bergantung pada usaha dan kemampuan diri sendiri  , Oleh sebab itu jangan memegahkan diri  ,  Jika kita menyangka bisa dengan kekuatan dan usaha menerima “ Keselamatan “ Justru itu yang menjadi penyebab kita tidak akan dapat menerima “ Keselamatan dan janji-janji-Nya “ . Tuhan menginginkan kita  mempercayakan hidup dan berharap pada kasih karuniaNya setiap hari ,  maka kasih karuniaNya tidak akan ditangguhkan dalam hidup kita . Matius 6 : 31-34 .
2.   Kata Yunani untuk " diselamatkan ", SOZO, artinya Keselamatan bukan hanya sebatas dibebaskan dari kutuk masa lalu , dibebaskan dari kematian kekal dimasa yang akan datang saja , tetapi juga memulihkan semua aspek kehidupan kita , asal kita mempercayai janji-janjiNya tanpa mengunakan hikmat manusiawi kita  bahwa YESUS datang dalam dunia tujuannya  ; Menyelamatkan dan memulihkan semua aspek hidup kita ! Kisah para Rasul 3 : 21 . wujud mempercayai janji-janjiNya adalah melangkah dengan Iman semua perkataan Tuhan !
Cara berdoa agar mengalami “ Pemulihan segala sesuatu “
•   Saat berdoa memiliki “ Sikap “ hidup baru didalam KRISTUS adalah , dipulihkan untuk memulihkan , “ Hidup diberkati untuk bisa jadi berkat “ , dengan cara fokus kepada apa yang Tuhan rencanakan dalam hidup kita , bimbingan , petunjuk dan jalan-jalanNya .
•   Kita harus “ Naik tingkat  “  artinya memperbesar Visi ( mengerti apa yang menjadi kehendak dan rencana Tuhan bagi hidupnya ) dan kapasitas hati yang diberbesar agar saat pemulihan segala sesuatu terjadi kita tidak jatuh dalam dosa sombong , menyadari semua adalah dari DIA untuk DIA dan bagi Kemuliaan namaNya !
•   Merubah cara pandang hidup / paradigma tentang Tuhan , sebagai BAPA yang baik bukan sebagai HAKIM yang galak , memberi syarat yang berat dan rumit untuk bisa datang kepadaNya dan mendapat anugrahNya .
•   Percaya  “ Kuasa darahNya yang menyelimuti hidup kita “ membuat kita layak mendekat kepada BAPA karena yang dilihat BAPA adalah Darah YESUS yang menyelimuti hidup kita bukan keberadaan hidup kita yang masih belum sempurna , itulah sebabnya kita berani datang menghampiri tahta kasih karuniaNya untuk mendapatkan rahmatNya !
•   Percaya “ Ratapan sudah menjadi tarian “  kutuk dosa nenek moyang sudah diselesaikan oleh Tuhan YESUS diatas kayu salib dengan sempurna , oleh sebab itu , tuduhan iblis /intimidasi iblis( hidup kita belum layak ) membuat kita jadi bimbang dan ragu kita tolak !  Mempercayai penebusan YESUS dikayu salib telah mengubah ratapan menjadi tarian .
•   Percaya dalam pergumulan berdoa kepada BAPA yang baik , tidak sendirian tetapi memiliki “ Pembela Agung “ yang  mendukung semua doa-doa kita ( yang tidak bertentangan denganNya )
•   Percaya anugrahNya lebih dari apa yang kita pikirkan dan doakan ! Tuhan punya kepentingan untuk memulihkan semua aspek kehidupan kita sesuai dengan apa yang telah dinubuatkan lewat para NabiNya , agar melalui hidup kita nama Tuhan dimuliakan !
Belajar dari iman seorang perempuan dengan masalah sakit pendarahan selama 12 tahun . Matius 9:20-22 .
•   Perempuan itu tidak berkata , "Aku harus memiliki iman memindahkan gunung ... aku  berharap punya iman yang besar dan kuat untuk menerima kesembuhan ...."
•   Perempuan itu menyadari dan percaya rahmatNya yang begitu melimpah limpah , ia mendengar Tuhan YESUS selalu menyembuhkan orang sakit yang datang kepadaNya , ia percaya Tuhan juga bersedia memberikan kasih karuniaNya yang melimpah untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya selama 12 tahun !
•   Perempuan ini beriman , kalau bisa menjamah ujung jubahNya pasti mengalami mujizat kesembuhan ,  Ini berbicara bagaimana seseorang bisa mengalami pemulihan segala aspek kehidupannya dengan “ Percaya “ asal datang mendekat kepada YESUS , pasti mujizat terjadi .
Rahasia Perempuan itu mengalami Mujizat ,
•   karena ia hanya melihat anugerah-Nya yang berlimpah  sehingga dia berkata,  “ Kalau saja aku dapat menyentuh ujung jubah-Nya, aku pasti sembuh. “  Dan ketika dia datang di belakang YESUS dan menyentuh ujung pakaian-Nya ia sembuh . Pada saat yang sama , YESUS berhenti , berbalik dan berkata kepadanya, “ Jangan takut, hai perempuan , imanmu telah menyembuhkan engkau.”
•   Ketika wanita itu melihat dan percaya kasih karunia-Nya bahwa , YESUS itu sangat amat baik selalu menyembuhkan semua orang yang datang kepadaNya , maka ia memberanikaan diri datang mendekat kepadaNya , hasilnya mujizat dialaminya !
Perempuan itu  menyadari keterbatasan dirinya sehingga belum berani mendekat karena belum begitu mengenalNya , tetapi ia percaya cukup menyentuh ujung jubahNya saja pasti sembuh ia percaya  Tuhan itu baik kepada setiap orang yang datang dan berharap kepadaNya .
Ujung jubah berbicara seorang bisa mendapat anugrahNya tidak harus mengenal Tuhan secara mendalam lebih dulu , atau harus masuk ruang maha suci dulu baru boleh layak menghampiriNya ,   Iman sederhana seperti itulah yang menghasilkan anugerahNya melimpah-limpah dalam hidupnya .
Jadi saat menghadapi masalah dan persoalan hidup ini seperti ; Masalah keuangan , pekerjaan , masa depan , modal , keluarga . Jangan kuatir merasa kurang iman , belum melayani , tidak memiliki pengetahuan yang cukup .  Mulailah untuk melihat kasih karunia Allah yang melimpah tersedia bagi kita anak-anakNya dan Tuhan melihat iman seperti itu akan melimpahkan kasih karuniaNya !
3.   Ayat 10 , Karena kita buatan Allah , diciptakan didalam KRISTUS , “ Untuk melakukan  Perbuatan yang baik “ yang sudah dipersiapkan Allah ( kehendak Allah ) , Maksudnya Setelah dipulihkan dalam semua aspek kehidupan Tuhan menginginkan kita melakukan kehendakNya yang sudah direncanakan yaitu “ Hidup jadi berkat “
“ Pemulihan segala aspek kehidupan “ yang cepat ternyata tergantung tujuan hidup kita setelah dipulihkan  yaitu ;  “ Untuk melakukan perbuatan yang baik “ artinya ;
•   Iman yang kita peroleh oleh anugrahNya , untuk menyelamatkan dan memulihkan semua aspek kehidupan kita , Karakter , tujuan hidup , cara pandang hidup ( sesuai dengan apa yang telah Tuhan Nubuatkan lewat para NabiNya . Kisah para Rasul 3 : 21 )
•    Setelah dipulihkan semua aspek kehidupannya ( cara pandang dan tujuan hidupnya  ) Tuhan ingin kita melakukan perbuatan baik ( hidup jadi berkat bukan hanya berpusat keaku saja )
Kerinduan Tuhan ini Sama dengan pesan Tuhan kepada umat dimasa P.L  , Yermia 29 : 7  , “ Usahakanlah kesejahteraan kota kemana AKU buang , dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan , sebab kesejahteraannya ( kota itu ) adalah kesejahteraanmu . “
Pikirkan kesejahteraan kota dimana Tuhan buang ( tempatkan )  merupakan salah satu langkah untuk kita mengalami pemulihan , Kesejahteraan hidup . Kaitannya memikirkan kesejahteraan kota  dengan pemulihan segala sesuatu , adalah kalau seseorang sudah dewasa cara pandang hidupnya ia tidak lagi hanya memikirkan diri sendiri tetapi orang lain juga , Contoh ;
•   Konflik dalam keluarga sering terjadi karena , pribadi didalam keluarga tersebut masih menonjolkan kepentingan diri sendiri tidak mau mengerti , maklumi pasangannya , sebaliknya kalau ia memiliki cara pandang yang dewasa dan luas ia akan memakluminya .
•   Seorang manager perusahaan mengalami stress , melihat karyawannya , merasa jengkel  , sehingga selalu marah-marah ini salah itu salah , karena tidak bisa mengerjakan apa yang menjadi kehendaknya , kalau memakluminya memang kapasitas kemampuan dan karakternya baru sampai ketaraf itu , santai saja dan carilah orang yang memang punya kemampuan seperti yang diinginkan perusahaannya selesai bukan !
•   Pendeta stress melihat perkembangan Jemaat yang dilayani tidak seperti yang dia inginkan , melihat fulltimer nya yang malas dan tidak punya inisiatif dan ide mengerjakan sesuatu maunya diperintah saja , saat diperintah tidak juga mengerjakan malas-malasan dllnya . Salah sendiri kalau stress tidak menyadari menggembalakan adalah tugas BAPA , bukan hasil usahanya ,  lapor saja dan minta hikmat BAPA bagaimana menghadapai situasi seperti itu !
Memikirkan kesejahteraan kota dikaitkan dengan kesejahteraan hidup bukan perkara sederhana butuh perencanaan dan strategi karena sangat luas ;
Kesejahteraan penduduk , dalam masalah ekonomi , usaha perdagangan , pertanian , hasil panen palawija , peternakan , perikanan, pengaruh iblis dalam kota ( narkoba , Perzinahan , Perjudian , Kemabukan , free seks ) masalah sosial pengangguran , putus sekolah tidak punya pekerjaan ( tingkat kejahatan tinggi ) tempat yang kumuh yang tidak layak dihuni , dllnya .
Tahun ini dalam rangka merayakan Natal 2011 kita akan melakukan aksi bagaimana Gereja bisa jadi berkat , untuk “ Kesejahteraan Kota “ dimana Tuhan ( buang ) tempatkan kita , langkah yang akan Gereja lakukan kali ini adalah ; Peduli lingkungan yang gersang menjadi hijau ( Care of the environment ) rencana ini bukan sederhana hanya sekedar menanam pohon saja , tetapi juga memikirkan kondisi tanah yang gersang bagaimana menjadi subur , setelah ditanam siapa yang merawat , apakah penduduk sekitar memiliki hati yang sama sehingga ikut melestarikannya tanaman yang kita tanam atau malah merusaknya !?
Untuk itu kita harus menyertakan Tuhan  untuk melaksanakan progam ini , lewat doa kita agar apa yang kita kuatirkan tidak terjadi sebaliknya terjadi “ Transformasi “ kota yang miskin jadi sejahtera , yang kumuh jadi sehat , yang tidak subur jadi subur , kejahatan menurun , penduduk peduli lingkungan semua bisa terjadi ketika Tuhan melawat kota kita . Itulah sebabnya kita harus terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam memikirkan “ Kesejahteran kota dimana Tuhan tempatkan kita “  agar Kesejahteraan kota menjadi kesejahteraan bagi hidup kita !
Itulah tujuan Tuhan “ Memberikan hidup baru “  yang dulunya egois menjadi tidak egois, dulunya hanya berpusat ke AKU  berubah bagaimana menyenangkan hati Tuhan dan hidup bisa dipakai Tuhan melakukan perbuatan yang baik dan akhirnya bisa memuliakan nama Tuhan ! atau ;
“ Hidup baru dalam KRISTUS “ diselamatkan untuk menyelamatkan ,  dipulihkan untuk memulihkan , diberkati untuk jadi berkat . Amin .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar