Ads 468x60px

Senin, 05 Desember 2011

Discover your Talent

Kamus besar Bahasa Indonesia , mendifinisikan Bakat sebagai ;

Dasar kepandaian , sifat dan pembawaan seseorang .

Apakah anda tahu bakat anda ?
Apakah sesuai dengan cita-cita anda dimasa depan ?
Apakah anda siap merubah cita-cita anda yang sudah diimpikan ?

Banyak orang gagal dalam perjalanan hidupnya karena tidak mengetahui kemampuan / bakat dalam dirinya setelah melakukan suatu pekerjaan tidak bisa bertahan lama , selalu gagal dan harus berganti pekerjaan lagi ! sampai ia menemukan pekerjaan yang pas , setelah menghabiskan modal , waktu , tenaga dan pikiran .

Salah satu sebab ( bukan satu-satunya penyebab ) karena ia melakukan aktifitas / pekerjaan tidak sesuai dengan bakat , sehingga pekerjaan yang dilakukan selalu gagal . sehingga muncullah lembaga–lembaga yang mengajarkan bagaimana menemukan bakat dalam diri seseorang baik secara ilmiah , psychology , fingerprint , mistik hipnotis dan metode-metode lainnya untuk menemukan bakat sedini mungkin sehingga sekarang ada test bakat untuk anak SD , SMP ( kebanyakan gagal , karena anak masih tidak stabil masih berubah ) dan SMA ( test bakat dalam usia ini 70 persen berhasil )

Mereka yang bekerja sesuai dengan bakat dan talentanya cenderung lebih berhasil dalam bidang yang ditekuninya !

Akibat karier dipaksakan tidak sesuai dengan bakat dan talentanya , seperti ikan dipaksa hidup didarat , monyet tidak boleh naik pohon , katak tidak boleh melompat . maka hasilnya tidak ada gairah , antusiasme , semangat dalam pekerjaannya karena potensi-potensi dalam dirinya tidak tersalurkan dengan baik !

 Agar tidak mengalami kegagalan dalam perjalanan hidup kemudian hari ! Bagaimana sebagai anak Tuhan bisa “ Menemukan bakat “ ( Discover talent ) dalam dirinya sehingga tidak mengalami persoalan dimasa depan seperti yang terjadi dalam kehidupan kebanyakan orang .

Kita melihat dulu pendapat para ahli dalam hal ini ;

Andrias Harefa , Seorang trainer coach yang telah berpengalaman melatih banyak orang selama 20 tahun ini mengatakan ;

1.   Observasi orang tuanya yang mengamati sikap , prilaku dan bakat anaknya sejak kecil , sehingga mengenali kekuatan dan kekurangan anaknya , sehingga mengenali potensi anaknya .

2.   Test bakat melalui psikolog dengan memanfaatkan berbagai alat ukur untuk membaca bakat seorang anak .

3.   Dengan mencoba-coba sendiri , berbagai macam hal yang belum pernah dilakukan sehingga lewat berbagai pengalaman tersebut memperkaya perspektif yang ada dalam dirinya .

4.   Bertanya kepada orang yang dekat dilingkungannya apa dan bagaimana pendapat mereka tentang bakat dalam dirinya .

5.   Memperhatikan bidang minat postitive yang sering menghabiskan waktu , karena minatnya yang sangat kuat terhadap bidang tersebut seperti , bermain computer , alat music tertentu , oleh raga tertentu dllnya .

6.   Kepekaan menerima visa dari Tuhan , sehingga mengetahui apa yang terbaik bagi masa depan hidupnya .

KRMT Drs Suwitadi Kusumodilogo , SH , MM , M.si , Rektor Universitas Kriten Surakarta mengatakan , dari 80% mahasiswa ( UKS ) kurang 40% yang bekerja sesuai bidangnya ( dari sisi keilmuan yang dipelajarinya ) Sebab Kenyataan dilapangan lain ,

1.   Setelah lulus mereka tidak bisa menunggu pekerjaan sesuai dengan bidang keilmuan yang dipelajarinya , kalau menunggu terus akan menambah beban orang tuanya dan akan menghantam mentalnya .

2.   Secara social akan menambah masalah ditengah masyarakat , orang pintar tidak punya pekerjaan akan mencari jalan mendapatkan penghasilan dengan cara yang jahat .

Pdt . Dr. Aristarkhus . Sukarto . Mth , Pendeta GKMI Seorang rector Universitas Kristen Krida Wacana ( UKRIDA ) Mengatakan sesungguhnya ;

1.   Tidak ada lapangan kerja yang khusus dalam kehidupan seseorang tergantung kemauan dan niat hidupnya , walau mungkin pekerjaan itu tidak sesuai dengan keilmuan yang dipelajari tetapi kalau ia mau tekun bekerja ia bisa mengalami kesuksesan juga .

2.   Tidak ada lapangan pekerjaan yang sungguh-sungguh sesuai dengan disiplin ilmu , “ Tidak ada lapangan pekerjaan yang spesifik “  Karena tidak ada lapangan pekerjanan yang spesifik maka sudah logis semua pekerjaan bisa asal ada kemauan untuk mengerjakannya .
Memang secara keilmuan sangat disayangkan tetapi tidak bisa menutup mata terhadap realita hidup ditengah masyarakat memang seperti itu .

Pdt . Ir . Rachmat T. Manulung , M.si , Gembala sidang , Ketua umum Sinode Gereja Kristen Kemah Daud ( GKKD ) dan ketua Sekolah Tinggi Theologia LETS Jakarta , mengatakan Bakat adalah talenta yang Tuhan berikan kepada seseorang menurut Kedaulatan Tuhan sendiri ada yang diberi lima , dua dan Cuma satu dengan dasar Matius 25 : 14-15 .

Maka setiap Umat yang mau mengalami kesuksesan dalam hidupnya , ia harus bekerja sesuai dengan talenta yang Tuhan sudah berikan dalam hidupnya dan untuk mengetahui talenta dalam hidupnya ia harus mengalami pemulihan “ Gambar dirinya “ lebih dulu .

Dalam hal ini bagaimana dengan ayat 15b yang mengatakan masing-masing menurut kesanggupannya lalu ia berangkat!?

Berarti bukan masalah kedaulatan Tuhan yang menentukan seseorang menerima talenta tetapi masing-masing menurut kesanggupan ( permintaannya sendiri mau berapa talenta ) sehingga saat mereka tidak mengerjakan apa yang sudah disanggupinya maka kena hukuman Tuhan !

Kesimpulan pandangan beberapa orang tersebut , Menemukan bakat dalam diri seseorang ;

1.   Diperlukan pihak-pihak yang dapat membantu , mungkin orang tuanya , sekolah , kampus , psikolog , rohaniawan atau orang-orang lain yang Tuhan kirimkan menolong kita .

2.   Oleh sebab itu mereka yang ada disekitarmu jangan diabaikan dalam menemukan bakat dalam hidup untuk masa depan yang sukses dengan berproses dengan Tuhan dan sesama .
Apa kata Tuhan dan Langkah hidup seperti apa yang tepat untuk kita bisa menemukan bakat dan menjalani masa depan yang sukses dimulai dari sekarang saat masih muda .

1.   Amsal 1 : 7 , “ Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan , tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan “ takut Tuhan diwujudkan tekun melakukan Firman-Nya dalam perjalanan hidup ini , maka melalui perjalanan waktu kita makin mengenal; kehendak dan rencana-Nyaa bagi hidup kita , karena Tuhan menuntun kita menemukan jalan apa yang harus kita hidupi sehingga kita mengalami masa depan yang cerah . ( Yermia 29:11 )

2.   Amsal 20 : 18 , “ Rancangan terlaksana oleh pertimbangan , sebab itu berperanglah dengan siasat “ Untuk mencapai tujuan hidup yang berhasil maka harus membuat Visi / mimpi dalam kehidupan ini sesuai dengan pilihan yang kuat dalam hatinya (  perencanaan beberapa tahun kedepan ) bukan karena paksaan orang tua atau meniru orang lain .

3.   Yakobus 2 : 17 , “ Demikianlah juga halnya dengan Iman ; Jika Iman itu tidak disertai , maka Iman itu pada hakekatnya adalah mati “ , Mulailah bertindak , action dengan Iman lewat doa maka Tuhan akan menunjukkan langkah-langkah hidup seperti apa yang harus dikerjakan sehingga dari waktu kewaktu mimpi anda makin nyata .

4.   Yohanes 10 : 27 , “ Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku , Untuk menemukan bakat dan kesuksesan hidup ikulah petunjuk Tuhan yang akan membawa hiudp kita kepada rumput yang hijau dan air yang tenang .

Milikilah kesetiaan dalam setiap tanggung jawab yang diberikan dalam hidupmu apapun dimana saja baik dirumah , disekolah dan digereja , kerjakanlah dengan penuh tanggung jawab , focus kepada tugas yang diberikan bahkan kembangkan dengan baik , bukan sekedar melaksanakan tugas saja dan lakukan itu dengan suka cita , maka itulah awal mempersiapkan diri sebagai seorang yang bisa dipercaya untuk pekerjaan dan tanggung jawab yang lebih besar lagi . Matius 25 : 21 .

Tuhan punya rencana yang laur biasa bagi masa depan anak-anak-Nya ; Reach the future , Mission possible , Are you ready , Focus , From zero to hero , Attitude , apa yang menjadi penghalang semua rencana baik Tuhan tidak terjadi dalam hidup anak-anak-Nya / > “ Malas “ itulah musuh utama yang harus diperangi dengan membuat komitmen kepada diri sendiri ,  displin diri yang ketat membersiapkan masa depan dari sekarang dengana belajar terus !

Memiliki kesadaran hidup ini adalah proses belajar yang terus menerus sampai tua , dalam setiap momentum kehidupan ini harus kita manfaatkan untuk belajar , dalam pergaulan ketemu berbagai jenis manusia yang aneh sekalipun , masalah yang dihadapi apapun merupakan momentum pembelajaran yang bermanfaat dan berguna untuk masa depan hidup . Maka makin hari akan makin nampak Talenta / bakat dalam hidup kita ingat Firman Tuhan , Segala sesuatu bekerja bersama untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Tuhan !  Amin .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar